Global Informasi melalui internet

10 Mar 2013

Cara Merubah permalink search wordpress

Cara Merubah permalink search wordpress, Bagaimana mengganti kata “search” di permalink halaman search default blog WordPress?. Struktur permalink search result blog WordPress dalam bentuk default contohnya seperti ini:


1.www.batempo.com/?s=blog+wordpress 
2.www.batempo.com/search/blog+wordpress 

 Kedua struktur permalink tersebut sama-sama bentuk url default search result dari blog WP. Diantara keduanya, yang paling bagus dipake adalah bentuk permalink yang kedua. Kita pake salah satunya saja. Untuk menghindari duplikat title, kita lakukan redirect dari bentuk url search yang pertama dengan cara redirect permalink. Caranya saya sudah kasih tau pada postingan auto generated content dan Cara merubah URLs Search Result di blog wordpress melalui .htaccess. Nah, kita sudah dapat melakukan redirect dari bentuk url ?s= menjadi search, sekarang kita coba mengganti kata search di permalink search default WordPress menjadi kata yang kita inginkan, misalnya kata “search” kita ganti jadi kata “topics”, terserah kamu mau diganti kata apapun juga bisa. Berikut cara sederhana merubah kata “search” di struktur url search result default WP (contoh berikut pada WordPress versi 2.9.2):

  1.  Jika kamu memakai redirect url dengan metode mod_rewrite apache (via .htaccess), kamu ganti terlebih dahulu kata search-nya menjadi kata “topics”, begitu juga dengan metode PHP header redirect. 
  2. Masuk di core wordpress kamu, entah itu melalui ftp atau file manager, kemudian masuk di root folder domain yang diinginkan untuk perubahan bentuk permalink. 
  3. Cari file rewrite.php. Model root-nya seperti ini: public_html » wp-includes » rewrite.php 
  4. Buka file rewrite.php dengan html editor yang kamu punya, entah dalam file manager hostingan atau dengan html editor misalnya dengan dreamweaver jika kamu buka melalui FTP. Pada line 435 cari kode var $search_base = 'search'; dan ganti kata “search” dalam kode tersebut dengan kata “topics” dan save pekerjaan kamu. 
  5. Nah langkah terakhir ini jangan kamu lewatkan, karena permalink tidak akan berubah jika kamu tidak lakukan cara ini. Masuk di dashboard blog WordPress kamu dan klik Settings » Permalinks, tidak perlu melakukan save. Selesai! 

Sekarang kamu coba cari kata apa saja lewat search box blog kamu dan lihat hasilnya. Selamat mencoba Sob!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

👉Berkomentarlah yang sopan.. jangan membuat spam..
komentar berisi 👉promosi, judi, link video porno.. akan di hapus permanen.🚫

Support